Tips melakukan Investasi Bagi para pemula

belajar investasi demi masa depan
Belajar Investasi
Semua orang sepertinya sudah sangat mengenal arti dari kata investasi. Namun sebagian besar masih tidak mengerti bagaimana cara untuk memulai berinvestasi. Padahal investasi merupakan hal yang mudah untuk dilakukan oleh siapa saja. Bahkan dapat juga dilakukan dimana pun dan kapan pun.

Investasi merupakan cara mendapatkan keuntungan jangka panjang. Bagi Anda yang masih bingung ingin terjun ke dunia investasi, berikut adalah tips berinvestasi khusus untuk pemula antara lain:

1.      Pelajari dan riset
Terdapat banyak sekali instrumen dan metode untuk berinvestasi dengan tujuan dan risikonya masing-masing. namun pada umumnya semakin besar risiko metode investasi, maka akan semakin besar juga keuntungan yang dapat didapatkan seperti saham dan reksadana. Akan tetapi tidak sedikit orang juga yang lebih memilih investasi tradisional seperti investasi tanah, properti, dan emas.

2.      Sisihkan dana
Investasi tentu saja tidak dapat dimulai jika tidak dana khusus yang disisihkan untuk investasi. Penyisihan dana merupakan bentuk komitmen dari investor untuk berinvestasi. Hal ini dapat Anda sesuaikan dengan penghasilan, kebutuhan sehari-hari, dan tabungan.

3.      Menetapkan tujuan
Tips selanjutnya dapat dibilang klise, namun sangat penting. Orang yang berinvestasi bisa mempunyai tujuan untuk memperoleh penghasilan tambahan. Namun Anda harus mempunyai tujuan akhir yang ingin diperoleh dari penanaman investasi tersebut.

4.      Memulai sejak dini
Jika Anda takut untuk memulai berinvestasi seperti di saham, saat ini Anda bisa memulainya dengan menggunakan uang simulasi. Beberapa platform memberikan kesempatan bagi para investor pemula untuk dapat merasakan pengalaman berinvestasi dan berbelanja saham dengan uang simulasi terlebih dahulu.

5.      Sabar
Tips terakhir dan paling penting adalah sabar. Segala sesuatu yang dilakukan pastinya membutuhkan proses untuk dapat berkembang. Begitu juga dengan investasi yang memiliki tujuan jangka panjang. Di dunia memang tidak ada yang serba instan. Jika Anda mendapatkan iming-iming investasi yang berjangka pendek namun berbunga tinggi, maka dapat dipastikan investasi tersebut adalah investasi bodong. Sehingga investor harus sangat jeli menentukan instrumen investasi yang aman dan legal.

Belum ada Komentar untuk "Tips melakukan Investasi Bagi para pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel