Tips memulai sebuah bisnis untuk para pemula

membangun bisnis atau usaha sendiri
BISNIS
Sebagian besar anak muda saat ini memiliki tujuan atau cita-cita sebagai pembisnis atau ingin membangun bisnisnya sendiri. Salah satu alasannya adalah jam kerja yang flesibel sehingga dirasa lebih mampu meningkatkan produktivitas, bagi yang masih mencoba ia mencoba atmosfer menjadi pembisnis bagaimana menyikapi saat dia untung atau tidak untung dan  belajar bagaimana memanagemen keuangan agar dapat digunakan untuk oprasioanal bisnis kedepannya                        

Membuka sebuah usaha bisnis memang cara yang tepat untuk mengumpulkan rupiah dan pengalaman berbisnis. Usaha bisnis sendiri tidak terikat dengan jam kerja dapat dilakukan kapan saja asalkan bisa membagi waktu, dilakukan berdasarkan passion minat bakat , dan memiliki banyak waktu untuk berkumpul dengan keluarga, hal hal itulah keuntungan yang didapat jika Anda memutuskan untuk menjadi pembisnis. Namun, yang menjadi masalah adalah memulai suatu bisnis tidaklah semudah yang dibayangkan. Bahkan banyak orang sudah memulai namun harus mundur atau terhenti di tengah jalan istilahnya hangat hangat tai ayam mungkin karena kurangnya niat dalam memulainya maka harus punya kemauan yang kuat terlebih dahulu dan dibarengi dengan hasrat yang kuat tak lupa juga terus belajar

Sebelum memulai suatu usaha bisnis, sebaiknya Anda memperhatikan terlebih dahulu tips berikut saya garis bawahi ada empat jika ingin memulai bisnis antara lain:

1.      Passion atau minat

Saat menjalankan usaha sendiri akan terasa lebih menyenangkan jika sesuai dengan passion atau minat dan bakat karena ketika menjalankan tidak akan terasa terbebani. selain itu Anda pasti sedikit banyak mempunyai pengetahuan tentang bidang itu. Peluang usaha memang penting, namun lebih baik jika tidak sekedar ikut-ikutan saja. Kebanyakan usaha yang populer dengan instan tidak berkembang dan tidak mampu menghadirkan inovasi baru. Sedangkan usaha yang didasarkan akan passioan akan melahirkan banyak inovasi baru.

2.      Fokus dan disiplin

Tips selanjutnya adalah mempunyai prinsip fokus dan disiplin untuk mengembangkan usaha. Berfokuslah hanya  dalam satu  bidang usaha terlebih dahulu dan tahu seluk beluk usaha yang didirikan, apa kelebihannya apa kelemahannya bagaimana persaingannya bagaimana pangsa pasarnya sehingga Anda tahu cara agar usaha dapat berjalan dan berkembang, dan lebih penting lagi disiplin dalam meberikan pelayanan kepada konsumen, karena konsumen adalah target Anda. Misalnya saja jika memilih usaha katering, maka Anda harus mengetahui segala hal tentang makanan sehat dan kandungan gizinya. Disiplin juga diperlukan agar cita rasa menu dapat dipertahankan. Sehingga menciptakan loyalitas pelanggan.

3.      Network atau pemasaran

Usaha tidak hanya membutuhkan modal, namun juga networking atau jaringan yang luas. Untuk itu Anda harus pAndai membangun komunikasi secara luas dengan orang-orang lain di dunia nyata maupun dunia maya. Dengan begitu produk Anda akan mudah untuk dikenal luas sehingga dapat meningkatkan nilai penjualan. Sekarang ini jaman digitalisasi manfaatkan sosial media saat awal awal mendirikan usaha ataupun dengan menyebar brosur cepat atau lambat pasti produk Anda dikenal. Manfaatkan juga toko online(tokopedia,bukalapak,shope dan sejenisnya) jika Anda menciptakan produk Anda hanya tinggal mengupload foto, spesifikasi unggulan, harga diakun Anda, jika Anda bergerak diusaha kuliner Anda juga dapat memanfaatkan jasa ojek online(gofood dan grabfood).

4.      Konsep usaha yang baik atau permodalan

Sebuah bisnis mungkin sulit untuk berkembang tanpa adanya bantuan pihak lain. Misalnya dengan kemampuan yang  sangat handal, namun tidak didukung dengan ketersediaan finansial maka usaha juga sulit untuk maju .Mungkin kalau dalam tahapan usaha kecil menengah tidak berpengaruh. Jika usaha anda tumbuh pesat lebih baik Anda mencari investor atau mitra untuk bekerja sama merintis usaha untuk mengembangkan lebih pesat lagi.



Belum ada Komentar untuk "Tips memulai sebuah bisnis untuk para pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel