CIRI CIRI ORANG BERKEPRIBADIAN POSITIF

Berpikir adalah kegitan yang sangat mudah dilakukan tapi anda juga harus waspada terhadap apa yang anda pikirkan artinya anda harus benar benar berpikir positif sehingga hasil yang didapat atau dampaknya nanti juga positif, sebab apa yang anda fokuskan dipikiran anda pasti yang didapat juga tidak jauh dari hasilnya. 
Berpikir adalah kegitan yang sangat mudah dilakukan tapi anda juga harus waspada terhadap apa yang anda pikirkan artinya anda harus benar benar berpikir positif sehingga hasil yang didapat atau dampaknya nanti juga positif, sebab apa yang anda fokuskan dipikiran anda pasti yang didapat juga tidak jauh dari hasilnya.
POSITIF THINKING


Mari kita menelusuri sifat sifat kepribadian positif dan bagaimana anda bisa menggunakan dalam kehidupan sehari hari. Ada sepuluh sifat utama yang menjadi ciri khas kepribadian positif. Sifat sifat tersebut akan membantu mewujudkan cita cita, serta memberi kebahagian, ketenangan dan ketentraman jiwa.

1. Beriman dan bertawakal kepada Allah.
Kepribadian positif adalah kepribadian yang beriman kepada Allah, tawakal kepada-Nya, dan meminta pertolongan kepada-Nya disetiap waktu. Allah berfirman, kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad maka tawakallah kepada Allah, sesungguhya Allah menyukai orang orang yang bertawakal kepada-Nya (Ali ‘Imran; 159)

2. Nilai nilai luhur.
Pribadi yang sukses hidup dengan nilai nilai luhur. Sebesar apapun pengaruh dan godaan ia akan selalu menjauh dari perilaku negatif, seperti bohong, menggujing, mengadu domba, memfitnah, serta segala yang menjauhkannya dari Allah. Kepribadian yang sukses memiliki ciri jujur, amanah, menyukai kebaikan, murah hati, bergantung pada Allah, dan selalu meneladani akhlak Rasulullah dan orang orang saleh.

3. Cara pandang yang jelas.
Pribadi yang sukses tahu betul apa yang diinginkan dalan jangka pendek, menengah, dan panjang. Ia tahu alasan menginginkan sesuatu, kapan menginginkannnya, dan bagiman cara mendapatkannya dengan mengerahkan segala potensi serta kemungkinan yang ada. Ia selalu merencanakan aktifitasnya dengan fleksibel hingga berhasil apa yang diinginkan.

4. Keyakinan dan proyeksi positif.
Pribadi positif tahu betul kekuatan hukum keyakinan dan prediksi. Ia menyadari sepenuhnya bahwa segala sesuatu yang diyakini dan diproyeksikan terwujud sesuai dengan keyakinannya. Keyakinan dan proyeksi ini terkait erat dengan iman kepada Allah dan dengan pengetahuan bahwa Allah tidak akan menyia nyiakan pahala bagi orang orang yang berbuat baik.

5. Selalu mencari jalan keluar dari berbagai madalah.
Pribadi yang sukses mengetahui kekuatan hukum konsentrasi dan cara mengesampingkan hala hal lain agar tetap fokufs pada sesuatu yang diinginkan. Karena itu, ia menyiapkan konsentrasi pada berbagai kemungkinan jalan keluar. Ia mengetahui bahwa segala masalah pasti ada peyelesaiannya secara sepiritual, ia hadapi segala sesuatu dengan santai kemudian dipahami secara positif.

6. Belajar dari maslah dan kesulitan.
Pribadi yang sukses tidak hanya fokus pada pemecahan masalah, tapi bagaimana dapat mengambil pelajaran dari setiap masalh yang dihadapi. Pelajaran itu akan ia gunakan untuk merencanakan masa depan. Dengan demikian, ia mengolah masalah menjadi keahlian, ketrampilan, dan pengalaman yang dapat diandalakan.

7. Tidak membiarkan masalah dan kesulitan mempengaruhi kehidupannya.
Ada tujuh aspek kehidupan utama yaitu seperitualitas, kesehatan, individual, keluarga sosial, karir, ia tidak akan rela membiarkan masalah tersebut mempengaruhi aspek kehidupan yang lain. Ia sikapi segala masalah dengan wajar dan tidak berlebihan,. Karena itu hidupnya meyenangkan dan selalu dapat menemukan jalan keluar yang dari masalah yang dihadapi.

8. Percaya diri, menyukai perubahan, dan berani menghadapi tantangan.
Pribadi yang sukses tahu betul bahwa perubahan tidak dapat dihindari. Karena tahu tujuan yang diinginkan, ia menyusun rencana berdasarkan segala kemungkinan, lalu direalisasikan dalam tindakan nyata. Ia juga selalu melakukan evaluasi dan memperbaiaki.

9. Hidup dengan cita cita, perjuangan dan kesabaran.
Pribadi yang sukses tahu betul bahwa tanpa cita cita pasti hidup terasa sempit. Tanpa cita cita sesorang akan hilang ditelan gelombang kesulitan, perasaan negatif, pikiran negatif dan berbagai aneka penyakit kejiwaan atau fisik. Pribadi yang sukses tahu bahwa cita cita adalah fondasi kemajuan. Tanpa cita cita, segala sesuatu akan terhenti. Tanpa perbuatan dan perjuangan, kemajuan tidak akan pernah terjadi. Karena itu pribadi yang sukses selalu bekerja keras dalam mengejar cita cita dan menghadapi tantangan hidup.

10. Pandai bergaul dan suka membantu orang lain
Pribadi yang sukses pandai bergaul dengan siapa saja dan dia dekat dihati siapa saja. Ia juga menyukai cara cara positif, seperti menghormati orang lain hingga mudah diterima, dan tidak pernah berusaha menguasai orang lain. Ia mencitai orang lain dan suka membantu mereka. Tangannya selalu terulur untuk membantu siapa saja, bantuan harta, waktu, atau pelajaran. Kepribadian yang sukses tahu betul bahwa orang bisa mati, tapi pikiran akan tetap hidup dan membantu orang lain. Karena itu, ia tidak pelit memberikan bantuan.


Sumber : Buku Terapai Berpikir Positif karya Dr. Ibrahim Elfiky

Belum ada Komentar untuk "CIRI CIRI ORANG BERKEPRIBADIAN POSITIF"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel