5 Cara Mengatasi Kecanduan Gadget Dengan Bijak

Era digital yang serba canggih terkadang membuat sebagian orang menjadi canggung jika tidak menenteng gadget. Pemandangan orang sibuk dengan gadget tidak cukup aneh pada masa sekarang.
cara cara mengatasi kecanduan gadget dengan bijak dan efettif cerdas
Kecanduan Gadget

Walaupun salah satu manfaat utama gadget adalah untuk menjalin komunikasi, tetapi justru memiliki pengaruh buruk pada interaksi sosial. Begini Anda mungkin pernah melihat dua orang yang duduk di cafe, atau dimana saja, yamg masing masing sibuk dengan gadgetnya, seolah olah mereka tidak saling mengenal. Fenomena orang yang tidak pernah lepas dari gadget mungkin menjadi hal biasa pada masa sekarang. Interaksi sosial benar-benar terabaikan, kalah oleh teknologi yang justru diciptakan untuk berinteraksi dengan orang lain. Kenmajuan teknologi membuat banyak orang semakin tergantung dengan gadget. Ketika duduk, berjalan kaki, dan bahkan sewaktu mengendarai kendaraan.

Akibat buruk pada hubungan antarmanusia, kecelakaan dijalan raya dan hancurnya empati manusia, tidak lantas membuat orang berinstropeksi diri, kebiasaan buruk selalu ketergantungan gadget tersebut dengan cara:

1. Kontrol diri
Setiap orang harus memiliki kontrol, baik dalam berpikir, bersikap maupun bertindak. Kontrol diri Anda  setelah tumbuh kesadaran diri bahwa tidak dapat hidup sendiri, ada orang lain yang dibutuhkan dan membutuhkan bantuan. Mereka tahu ketika mereka sibuk dengan gadget mereka, maka produktifitas mereka akan menurun. Oleh sebab itu, mereka lebih mengontrol diri dalam menggunakan gadget agar tidak menghancurkan mereka.

2. Tumbuhkan empati
Melatih dan menumbuhkan empati sebenarnya sangat mudah. Ketika ego bisa diturunkan dengan memeperhatikan kepentingan orang lain, maka mudah untuk menumbuhkan rasa empati kepada orang lain. Perlu diketahui, setiap orang punya kepentingan yang seharusnya dihormati. Jangan sampai kebiasaan mengutak atik gadget membuat Anda bertumbuh menjadi orang yang acuh terhadap lingkungan disekitar. Ketika ada orang datang sapalah dengan sopan kemudian ajaklah bicara, dan respon dengan penuh perhatian.

3. Jalan raya bukan milik sendiri
Main gadget sambil berkendara sangat berbahaya. Bahya bukan hanya bagi diri sendiri maelainkan juga bagi orang lain. Ingatlah jalan raya bukan milik sendiri. Sibuk dengan gadget Anda tidak perlu melalaikan tanggung jawab kita sebagai manusia yang beradabdan bersosial. Tidak ada salahnya Anda meletakkan gadget ketika berkendara, baik keselamatan Anda dan orang lain.

4. Tahan hasrat
Jika tidak mampu menahan, mengurangi hasrat untuk menyentuh gadget Anda adalah agar tidak terlalu aktif dalam mermedia sosial. Jika Anda rasa tidak terlalu penting, sebaiknya biarkan gadget kamu beristirahat.

5. Atur waktu
Sebaiknya Anda mengatur waktu untuk bermain gadget. Dengan waktu yang teratur, kamu bisa mengoptimalkan waktu Anda untuk kegiatan yang lebih bermanfaat. Misalnya kamu bisa mempelajari berlatih menulis, berolahraga, dan kegiatan kreatif lainnya.

Jiak saat ini Anda anda adalah orang yang kesulitan meletakkan gadget kamu jauh dari badan kamu, maka kamu harus merubah kebiasaan buruk itu. Hal penting yang harus Anda sadari adalah gadget bisa merusak waktu produktif Anda. Fisik anda terutama mata maka hentikan kebiasaan buruk main gadget dengan tips tips diatas.

Belum ada Komentar untuk "5 Cara Mengatasi Kecanduan Gadget Dengan Bijak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel