Tips Wawancara Pekerjaan yang Baik

Wawancara adalah salah satu tahap dalam proses penyeleksian calon tenaga kerja yang akan menjalin hubungan kerja atau ikatan dinas di suatu perusahaan. Mungkin banyak dari Anda gagal dalam proses ini karena memang kurang berpengalaman atau Anda yang baru saja lulus dari sekolah. Proses wawancara kerja biasanya dua kali yaitu dari pihak psikolog dan pihak user, tapi ada juga hanya satu kali saja tergantunng perusahaannya. Baik inilah cara agar Anda dapat lolos dalam proses seleksi ini.

wawancara kerja
wawancara kerja

1. Latihan
Sebelum wawancara Anda latihan terlebih dahulu sebaiknya sehari sebelum hari H nya, caranya adalah dengan bercermin ketika bercermin seolah olah Anda perkenalkan diri Anda dan amati mimik wajah Anda senyum Anda, tatapan mata harus fokus atur kedipan dan arah bola mata, kejelasan suara intonasi. Bila ada yang janggal perbaikilah misal saat tersenyum Anda harus menampakkan gigi Anda karena menandakan  Anda sangat tulus.

2. Perhatikan penampilan
Perusahaan biasanya mengkhususkan pakaian saat wawancara kerja entah menggunakan kemeja rapi atau menggunakan putih hitam. Usahakan disetrika agar kelihatan rapi, sisir atau pangkas rambut Anda bagi cowok untuk cewek sesuaikan warna jilbab Anda dengan warna pakaian, gunakan asesoris sewajarnya misal jam tangan karena menandakan Anda efektif dalam hal waktu, pakailah sepatu formal misalnya pantofel akan menambahan nilai kerapian Anda.

3. Perhatikan sikap Anda
Sikap dinilai dari sipewancara dimulai saat Anda masuk dalam rungannya salah satunya adalah cara berjalan Anda, sikap dalam duduk jangan sampai senderan, sopan santun dalam berbicara jangan blopetan dan hindari menggunakan kata eeee.sebab itu menandakan kurang kesiapan Anda, hindari tengak tengok fokuslah kepada sipewancara. Saat berjabat tangan usahakan jabatlah dengan mantap tetapi jangan terlalu kencang.

4. Antusiasme
Usahakan sebelum diwawancari Anda terlebih dahulu mencari tahu perusahaan tersebut, tak masalah sedikit pengetahuan yang terpenting Anda tahu bahwa perusahaan tersebut bergerak dalam bidang apa misal jika produksi, produknya apa. Hal tersebut menjadi nilai tersendiri bahwa Anda sudah benar benar ingin bekerja diperusahaan tersebut.

5. Unggulkan diri 
Berbicaralah apa adanya apa yang ada didiri Anda paparkan kekuatan dan keunggulan  Anda tapi jangan terlalu offer jangan mangada ada misal jika hal pengalaman, maka ceritakan sejujurnya jika tidak itu menjadi bumerang untuk Anda, biasanya pertanyaan sipewancara akan berkesinambungan dengan jawaban pertanyaan pertama.

6. Tegas dan jelas
Saat Anda memperkenlkan diri atau menjawab pertanyaan jawablah dengan tegas dan jelas jangan berbelit beli, jangan ragu  dan jangan muter muter karena hal itu akan membuat sipewancara bingung.

7. Jujur
Berbicaralah dengan jujur misalnya saat diberi pertanyaan tujuan Anda bekerja jawablah lebih dari dua tujuan yang akan dicapai, sebaiknya tujuan yang pertama utarakan bahwa Anda ingin ikut memajukan perusahaan dan yang kedua atau bisa diletakkan diakhir yaitu ingin  memberi nafkah keluarga, otomatis sipewancara akan memberikan nilai lebih karena mengutamakan pekerjaan untuk perusahaan. Hal penting  lain adalah jujurlah sesuai dengan CV yang Anda buat.

8. Kesiapan syarat berkas
Siapkan syarat syarat yang dibawa saat wawancara jangan sampai kurang karena hal itu akan membuat Anda tenang dan tidak membuat rasa cemas. misalnya disuruh membawa transkip nilai saja maka bawalah transkip nilai jangan dilebihkan.

9. Patuh 
Patuh dalam artian menuruti perintah sipewancara misalnya saat Anda hobi menyanyi maka Anda akan disuruh menyanyi maka jangan malu untuk menurutinya karena hal itu menandakan bahwa Anda orang yang dapat diperintah tanpa mengeluh.

Itulah beberapa tips saat Anda akan melakukan proses wawancara kerja yang terpenting rileks jangan grogi anggap saja sipewancara  adalah orang yang sering kita ajak komunikasi sehingga tidak menimbulkan rasa takut dan canggung. 

Belum ada Komentar untuk "Tips Wawancara Pekerjaan yang Baik "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel