7 Wasiat Bob Sadino Jadi Pengusaha Sukses

cara sukses jadi pengusaha seperti Bob Sadino
Bambang Sutari Sadino

Indonesia telah kehilangan salah satu pembisnis terbaiknya beliau adalah mendiang Bob Sadino. Bob Sadino meninggalkan kita semua pada usianya yang ke 81 tahun, banyak orang berduka atas kepergiannya, Bob tercatat sebagai orang sukses di dunia bisnis. Ia banyak menginspirasi generasi muda khususnya mereka yang akan merintis bisnis. Bob Sadino dikenal dengan gayanya yang santai dengan topi koboinya, ia memulai usahanya from zero to hero dan berhasil mengembangkan usahanya hingga sebesar sekarang seperti perusahaan pengolahan daging, telur, dan dan sayuran bersekala nasional bernama Kem Chick, Kemfood, Kemfarm dan pada bidang jasa seperti Kemtravel, dan Mansion At Kemang. Sebelum meninggal ia memwasiatkan 7 kiat yang harus dipelajari sebelum menjadi pengusaha, yaitu :

1. Hilangkan rasa takut
Takut gagal, takut mengambil resiko, takut tak punya modal. Semua itu kerap dirasakan pembisnis pemula, menurut Bob Sadino untuk menjadi pengusaha harus berani menghilangkan rasa ketakutan itu. Memang benar, menjadi pengusaha sangat berbeda dengan menjadi karyawan yang sudah pasti gajian tiap bulannya. Menjadi pengusaha berarti Anda bergelut dengan ketidak pastian. Apakah setiap bulan ada uang masuk atau bulan berikutnya Anda bangkrut? Semua itu harus dihadapi, bukan menjadi penghalang utama.

2. Jangan banyak bicara
Banyak orang berpikir untuk memulai bisnis, seorang harus belajar dan bersekolah bisnis terlebioh dahulu. Minimal ia paham ilmu ekonomi dan marketing. Menurut Bob justru itu adalah kesalahan. Semakin banyak rencana, maka akan semakin lama orang memulai. Bisnis ada rencana A, rencana B ,bahkan sampai rencana Z. Kalau gagal rencana A, pakai rencana B begitu seterusnya. Dan jika gagal semua, maka tidak ada yang jadi.

kem chicks adalah salah satu perusahaan yang didirikan Bob Sadino
kem chicks

3. Take action
Kunci sukses adalah menjadi goblok, tidak banyak mikir tapi banyak action. Menurut Bob Sadino, kebanyakan nikir tidak akan membuat Anda berhasil, justru membuat Anda stress. Cukup lakukan dan kerjakan.

4. Minimalkan ekspetasi
Ini yang unik dari Bob Sadino. Bahkan dalam bukunya ia menulis ketika berbisnis, is selalu berharap rugi. Pastinya ini hal yang aneh. Mana ada orang yang berbisnis mau rugi, harapannya pasti mendapat untung. Bob juga mengatakan “ketika berbisnis saya berharap rugi. Apakah rugi terus? Tentu kadang untung kadang juga rugi. Begitu juga yang berharap untung, apa untung terus? Kadang kadang juga rugikan? Ya sama saja. Ketika Anda berharap banyak, maka Anda kecewa besar. Berharap meski sedikit. Anda tetap kecewa. Maka dari jangan berharap.”

Baca juga : 22 Kata Kata Motivasi Bob Sadino Menjadi Pengusaha Sukses

5. Kemauan dan tekad bulat
Untuk benar benar menjadi pengusaha harus punya kemauan. Meskipun begitu ternyata kemauan saja belum cukup! Harus punya tekad bulat, sebab menjadi pengusaha tidak mudah dan banyak rintangan! Jika kita sudah punya tekad yang benar benar bulat, tentu tidak ada rintangan yang berat. Semua itu hanya proses yang harus dilalui untuk benar benar menjadi pengusaha.

6. Tahan banting, jangan cengeng
Adaa kalanya orang yang ingin berbisnis, belum apa apa sudah bingung akan modal. Ketika sudah memiliki modal, malah bingung mau berbisnis apa? Saat modal sudah ada, jenis bisnis sudah ditentukan, ia bingung mencari cara pemasaraan. Pembisnis seperti ini mungkin sebaiknya mencari pekerjaan lain saja, tidak usah menjadi pengusaha. Menjadi seorang pengusaha berarti sikap dan metal Anda akan benar benar diuji. Seorang pengusaha yang benar benar sukses bukan karena kepintarannya, modalnya, ataupun bisnisnya. Sikap dan mental yang benar benar matang bak intan mahal nilainya.

7. Bersyukur pada sang pencipta
Bob Sadino selalu mengatakan, ketika Anda sudah selesai dan mendapatkan semua keinginan Anda, bersyukurlah kepada sang pencipta! Jangan lupa, semua sukses bukan hanya karena usaha Anda semata. Semua itu tak akan pernah bisa tanpa ada doa orang orang tercinta serta izin kuasa-Nya.

kem farm adalah salah satu perusahaan yang didirikan Bob Sadino
kem farm


Itulah  ketujuh kiat atau cara yang diwariskan Bob Sadino yang selalu Anda semangat menjadi pengusaha sejati. Semoga menjadi amal jariah yang selalu mengalir pahalanya.

Belum ada Komentar untuk "7 Wasiat Bob Sadino Jadi Pengusaha Sukses"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel