TIPS MENULIS DAN MENGIRIM LAMARAN LEWAT E-MAIL


Dijaman milenial ini seolah olah semua berjalan dengan digital maksudnya dengan smartphone yang ada digengaman kita, kita bisa melakukan apapun khususnya kita dalam mengirim surat lamaran pekerjaan asalkan kita punya alamat email juga baik itu Yahoo mail ataupun Gmail. Dulu orang mengirim lamaran pekerjaan dengan cara manual yaitu melalui kantor pos itupun harus berhari hari samapinya ke penerima. Dijaman canggih ini kita membuat sekarang terus mengirimnya maka hari itu juga lamaran langsung ke penerima. Berikut ini saya akan berikan tips menulis lamaran pekerjaan melaluai  e mail

1. Alamat perusahaan harus ditulis
Kadang kita mengirim satu surat lamaran kerja tapi ditujukan kepada banyak perusahaan istilahnya kita random email. Mungkin ini akan menghemat waktu tapi lebih baik tuliskan dengan jelas alamat perusahaan karena kita benar benar serius melamar ke perusahaan tersebut. Di halaman penulisan surat biasanya ada isitilah cc dan bcc maka isi alamat perusahaan dikolom cc karena kolom bcc digunakan untuk mengirim benyak alamat e mail yang dituju.

2. Tulis subyek surat
Tuliskan dikolom subyek dengan maksud surat ini biasanya LAMARAN PEKERJAAN OPERATOR PRODUKSI tapi tergantung mau melamar diposisi apa.

3. Ukuran surat
Usahakan ukurannya maksimal 300kb dengan cara menkompres berkas berkas pendukungnya dan jadikan file pdf dan kecilkan ukurannya. Sekarang banyak bertebaran situs penyedia kompres online seperti ilovepdf maka manfaatkan itu, ataupun kalau punya aplikasi malah semakin mudah.


contoh badan surat

Yth. Manager Personalia

PT Musashi Auto Parts Indonesia
Head Office & Plant 1 Cikarang
Kawasan EJIP Industrial Park Plot 3J-2
Cikarang Selatan, Bekasi 17550

Dengan hormat

Sesuai dengan informasi dari media sosial di internet, bahwa perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin membuka lowongan pekerjaan sebagai operator produksi, maka saya yang bertandatangan dibawah ini, saya :

Nama                        : Suhendar Irawan
Tempat/Tgl. Lahir    : Wonosobo, 19 Oktober 2000
Domisili                   : Tanah Baru Rt 09 Rw 04 Kec. Cikarang utara Kab. Bekasi
Pendidikan               : SMKN 2 Wonosobo
Jurusan                     : Teknik Kendaraan Ringan
NO HP                      : 085782445673

Bermaksud untuk megisi lowongan pada pekerjaan tersebut. Sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan satu lembar daftar riwayat hidup dan berkas pendukung lainnya dalam bentuk attachment.

Demikian surat permohonan lamaran kerja ini saya ajukan, besar harapan saya untuk diberi kesempatan wawancara dan dapat menjelaskan lebih mendalam mengenai potensi saya seperti tersirat di daftar riwayat hidup. Atas perhatian dan kesempatan yang diberikan saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Suhendar Irawan

SEMOGA BERMANFAAT ...



Belum ada Komentar untuk "TIPS MENULIS DAN MENGIRIM LAMARAN LEWAT E-MAIL"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel