TIPS MENULIS LAMARAN KERJA AGAR DILIRIK HRD


Hai sobat apa kabar semoga kita sehat semua menadapatkan keberkahan rejeki. Ok sobat disini saya akan menuliskan berapa tips agar lamaran lamaran sobat dapat dibaca oleh HRD sehingga sobat sobat mendapat panggilan tes  kerja.
Lamaran kerja adalah salah satu syarat untuk masuk kedunia kerja baik itu dalam bentuk tulisan tangan ataupun dalam bentuk email. Lamaran kerja juga berfungsi sebagai patokan HRD dalam menyeleksi calon kandidat untuk bergabung dalam ikatan dinas perusahaan, maka dari itu harus diperhatiakan bagaimana struktur surat lamaran kerja dan cara menulisnya tersebut agar mendapat nilai plus di mata personalia.
Memang persaingan masuk ke perusahaan itu sangat sengit la wong menulis lamaran kerja saja sudah ada kompetisinya apalagi kesononya denagan segala bentuk tes tes yang diberiakan, tapi jangan khawatir sobat sobat ini adalah tips dari saya dalam menulis lamaran kerja

1. Rapi dan dapat dibaca
Point sangat penting karena hal ini yang pertama kali dilihat karena apakah tulisan mudah dibaca atau tidak. Kalau sobat belum mampu menulis denaga rapi lebih baik sering sering menulis dengan tangan sehingga lama lama agan terbiasa.

2. Strukturnya atau badan suratnya
Pasti disekolah sobat sudah diajarakan bagaimana struktur surat. Saya akan merefresh lagi bagaimana kah struktur yang benar.
Pertama adalah tanggal pembuatan surat, kapan kita membuat surat itu beserta tempatnya.
kedua siapa yang dituju lamaran itu usahakan yang dituju adalah HRD/Manager Personalia PT...........bukan pimpinan perusahaan.
Ketiga salam pembuka biasa dengan kalimat Dengan Hormat.....saya sarankan dengan kalimat tersebut karena lebih formal.
Keempat isinya inilah yang menjadi titik fokus hrd jangan menggunakan kalimat bertele tele. Sertakan maksud yang jelas akan melamar pada posisi apa dan sebagai tambahan sertakan dokumen pendukung yang lengkap seperti pas foto, fc ktp, daftar riwayat hidup, fc ijazah, fc SKHUN, fc transkip nilai, fc SKCK, surat keterangan dokter, fc surat pengalaman kerja, fc kartu pencari kerja, surat domisili dan dokumen dokumen pendukung lainnya.

3. Masa berlaku surat pendukung
Ini biasa banyak diabaikan padahal hal ini juga dipertimbangkan oleh pihak personalia, sebisanya sobat melampirkan dokumen dokumen yang masa berlakunya masih aktif maksimal sebulan sebelum tanggal kadaluarsa. SKCK, surat keterangan sehat, kartu pencari kerja, surat domisili jika sobat tinggal bukan dikota sendiri.

4. Daftar riwayat hidup
Lembar daftar riwayat hidup biasanya dapat dibeli ditempat fotokopian tapi menurut saya kurang etis karena kita dianggap males oleh personalia lebih baik kita menulis tangan atau mengetinya lalu difotokopi beberapa lembar. Dalam daftar riwayat hidup usahakan sobat sobat menulisnya dengan sebenar benarnya dan paling penting tonjolkan kemampuan dan pengalaman apa saja yang pernah sobat lakoni misalnya mahir berbahasa inggris, bahasa jepang, bisa program autocad dan lain sebagainya inti pas bidang apa yang dilamar sobat.
                                                                  difotocopy 

5. Penulisan posisi yang dilamar yang ditulis diamplop
Kadang kadang kita lupa dalam menulisnya ini bertujuan agar sipersonalia gampang dalam memilah lamaran kerja, disana banyak tercampur ada yang melamar bagian quality control,operator produksi, teknisi/maintenence, supervisor nah untuk memudahkannya kita menuliskan dibagian atas amplop bagian sebelah kiri.


Sebagai contoh surat lamaran kerja


                                                                                                        
















Semoga bemanfaat sobat

Belum ada Komentar untuk "TIPS MENULIS LAMARAN KERJA AGAR DILIRIK HRD"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel